Mengklaim akun ymail yang di”daurulang” Yahoo

Pertama-tama: SAYA BERHASIL MENDAPATKAN KEMBALI AKUN YMAIL YANG TERLANJUR DIDAURULANG YAHOO KARENA KELEWAT JARANG DIPAKE UWOHHHHHHHHH

Kira-kira di awal tahun ini, iseng-iseng saya mencoba login ke akun Ymail, yang jarang saya gunakan. Rupanya gagal login, gagal reset password, gagal login dari Flickr, dst. Selidik punya selidik di laman bantuan Yahoo, rupanya ada kebijakan “mendaurulang” akun ymail kalau selama beberapa bulan tidak ada gelagat login, kira-kira semacam itu. Kecewa benar saya, soalnya nama akunnya bagus: singkat, padat, jelas, tanpa angka.

Apa boleh buat, Ymail masih pakai paradigma konservatif penyedia email. Berbeda dengan Gmail yang mau jarang login bertahun-tahun pun tetap akunnya aktif (setidaknya demikianlah normanya hingga hari ini).

Sebetulnya, Ymail sudah menyediakan mekanisme untuk mengklaim kembali akun tersebut, tapi mesti menunggu setahun dari login terakhir, baru bisa sukses reset password dan login ulang. Itu pun kalau tidak keburu diserobot orang lain yang menginginkan nama akun yang sama. Arsip inbox-draft-sent mail pun akan dihapus total, kecuali email “Welcome to Yahoo!” dan email pergantian password.

Jadi malam ini, kembali saya iseng reset password akun Ymail tersebut, rekues email link reset agar dikirim ke akun Gmail yang sehari-hari saya gunakan…dan wow, emailnya benar-benar datang. Setelah memasukkan password baru, akun Ymail tersebut akhirnya kembali ke tangan saya. Lihat inbox, ternyata aktivitas login terakhir saya sebelum diblokir adalah awal Maret 2014! Beruntung sekali tidak ada yang mencoba klaim akun ini sejak Maret 2015😀

Tautan: https://id.bantuan.yahoo.com/kb/account/Memulihkan-atau-mengubah-kata-sandi-Yahoo-sln2047.html?impressions=true#cont1

Tinggalkan Balasan

