External harddisk di Debian

Ceritanya, seorang teman minta disalinkan beberapa berkas installer (ilegal, tentu) dari netbuk saya ke harddisk eksternal miliknya. Kabel dicolokkan, harddisk terdeteksi. Eh rupanya cuma bisa baca thok, nggak bisa paste. Read-only, katanya.

Pertama saya curiganya nggak bisa karena hak akses kurang tinggi. Tapi setelah jadi root pun, tetap saja itu harddisk read-only. Habis akal. Untungnya teringat untuk periksa satu hal dulu: mount. Dan ternyata harddisk eksternalnya pakai format ntfs, sedangkan Debian Squeeze yang saya pakai belum dipasangi ntfs-3g. *beneran tepok jidat*

Karena nggak tahu mana yang saya perlukan, saya install saja semua paket berawalan ntfs dari repo

sudo apt-get install ntfs*

Beres. Harddisk eksternal jadi bisa di-baca-tulis-i. Tapi kadang-kadang unmount sendiri. Yang ini saya kira karena kabelnya soak😛

Tinggalkan Balasan

