EULA dan halal haram

Kutipan dari komennya Pak Noor Azzam di status FB-nya Cak Anas
.

EULA atau End User License Agreement adalah persetujuan ijin untuk pengguna akhir atas produk. Dasar hukum dari license atau ijin adalah TIDAK BOLEH kecuali DIIJINKAN oleh yang berhak.
Contohnya, Driving License atau Surat Ijin Mengemudi. Da…sar dari hukum mengemudi adalah TIDAK BOLEH, kecuali anda memiliki IJIN dari kepolisian. Surat Ijin Praktek dokter atau SIP, meski anda bergelar dokter spesialis terpandai di angkatan anda, tetap saja anda TIDAK BOLEH praktek kecuali DIIJINKAN oleh pemerintah RI.
Kalau kembali ke EULA, dasar dari EULA adalah anda TIDAK BOLEH menggunakan produk yang mengandung lisensi KECUALI anda DIIJINKAN oleh pemilik produk tersebut.
Jika dianalogikan dengan mobil yang dimiliki oleh seseorang, anda tetap TIDAK BOLEH menggunakan mobil itu KECUALI anda DIIJINKAN oleh pemilik mobil. Dan kalau anda memaksakan menggunakan mobil itu TANPA IJIN, adalah sama dengan anda menggunakannya TANPA HAK dan dalam agama (ini agama dalam arti harfiah aturan dari Yang Maha Kuasa) apapun, hal ini artinya mendholimi sesama manusia.
Wallahu a’lamubishawab

Sengaja di-backup disini karena pastilah menyebalkan mencari ulang kutipan ini di FB😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s