Color, grayscale & c2g

Bagaimana caranya mengubah berkas foto warna menjadi hitam-putih (grayscale)? Cara termudah tentu saja mengubah mode RGB menjadi Grayscale. Kalau di GIMP, bisa dipilih dari menu Image->Mode (seingat saya di Photoshop juga sama).

Tapi hasil konversi dengan metode di atas saya rasa kelewat datar, flat. Karena itu sekarang ini biasanya saya pakai tool c2g pada GIMP. Caranya pilih Tool->GEGL Operation->c2g.

Kotak dialog c2g


Untuk hasil maksimal, biasanya yang diutak-atik itu parameter radius, iterations, & sample. Cuma karena rada lambat, biasanya saya biarkan saja nilai defaultnya.

Lalu bagaimana hasilnya? Sila lihat foto berikut. Berurutan dari kiri ke kanan: foto asli, konversi mode grayscale, konversi dengan c2g. Ngerti kan kenapa saya suka c2g? (the print results are good too)

See the difference?


Ah ya, saya tahunya trik ini dulunya dari mas Priyadi

Lihat juga http://blog.wbou.de/index.php/2009/08/04/black-and-white-conversion-with-gegls-c2g-color2gray-in-gimp/

Tinggalkan Balasan

