I need title, not username

Sudah capek-capek mengutak-atik templat planetplanet untuk Planet Bumi, rupanya masih ada saja setelan yang ngaco. Perhatikan tangkapan layar berikut.

Kode sumber untuk judul entri tersebut pada berkas index.html.tmpl adalah <TMPL_IF title><TMPL_VAR title></TMPL_IF>. Jadi mestinya yang muncul adalah tulisan “Mencoba Ombilin“. Tapi mengapa malah username saya di WordPress.com yang muncul?

Penggalan kode di atas, sejauh yang saya pahami, adalah membaca tag <title> dari berkas XML web feed, baik Atom maupun RSS(1 & 2). Dan memang berfungsi dengan benar terhadap feed RSS2 dari Posterous maupun dari WordPress di hostingan sendiri. Tapi kok ya salah membaca feed RSS2 dari WordPress.com?

Saya (agak sok tahu) mencoba berbagai variasi kode; <TMPL_VAR item.title>, <TMPL_VAR item_title>, <TMPL_VAR channel_item_title>, dll. Tentu saja tak satupun yang berfungsi😛 . Hampir putus asa dan membiarkan apa adanya, saya mencoba melihat kembali struktur XML feed RSS2 dari WordPress.com.

Ealah rupanya title muncul dua kali di tiap <item>.
<title>Mencoba Ombilin</title>
.
.
.
<media:title type="html">mwillypermana</media:title>

Entah kenapa yang dibaca justru title yang kedua. Dan ini tidak bisa diapa-apakan. Apa akal?

Setelah mencari-cari di laman Support, rupanya WordPress juga menyediakan feed Atom, yang bisa diakses lewat http://urlblog.wordpress.com/feed/atom. Sebagai contoh, feed Atom untuk blog ini berarti ada di https://willypermana.wordpress.com/feed/atom. Nah, feed Atom ini untungnya hanya menampilkan tag <title> satu kali untuk tiap <item>. Dengan demikian, saya bisa menggunakan feed Atom ini untuk memasok entri ke Planet Bumi.

Tampilannya pun sekarang sudah beres.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s