Mencoba Ombilin

Berbekal sebuah flashdrive oleh-oleh dari Blankonf #2 yang sudah diisikan LiveUSB Blankon Ombilin (matur nuwun, panitia Blankonf #2), saya mencoba memasang Ombilin di netbook Axioo Pico saya. Ombilin ini saya maksudkan untuk menggantikan Nanggar yang sudah lama tidak saya sentuh sejak saya memasang Ubuntu 10.04 di netbook ini. Sebelumnya saya sudah pernah mencoba memasang Ombilin dengan LiveUSB buatan sendiri, sayang berkas .iso yang saya gunakan rupanya corrupt😛 .

Proses instalasi berjalan biasa, tinggal klak-klik. Ombilin saya tempatkan di bekas partisi Nanggar. Setelah instalasi selesai dan reboot, opsi Lucid dan XP (!) ternyata tidak muncul di menu GRUB. Untuk memunculkannya, saya mengetikkan perintah ini di gnome-terminal (setelah masuk desktop, tentunya)

sudo grub-mkconfig
sudo update-grub

Seperti dinyatakan di laman catatan rilis Ombilin, Blankon Ombilin disertai dengan Chromium dan Exaile. Mantap lah. Cuma kok ya Totem masih disertakan? Jadi saya install VLC dulu, juga sederet-panjang-paket-lainnya-yang-nggak-tahu-nantinya-akan-saya-pake-atau-ndak. Tapi saya malah lupa install Cheese, jadi saya belum bisa tes webcam netbook ini, apa tampilannya masih terbolak atau sudah normal. (*update*: rupanya masih terbolak)

Omong-omong tentang webcam, ada perbaikan dukungan Blankon terhadap hardware. Touchpad Pico saya sekarang sudah berfungsi baik di Ombilin (BANZAI!). Tinggal tombol Fn+F1-F12 yang belum berfungsi, belum sempat cari-cari setelan layoutnya yang bagaimana. Yah sudahlah, toh di XP jarang saya pakai juga. Kalau wifi sih berfungsi sempurna, seperti halnya di Nanggar.

Penilaian secara umum, Ombilin memang menyenangkan😀 . Kudos to the developers.

One thought on “Mencoba Ombilin

Tinggalkan Balasan

