Netbook Saga(2)

Libur kemarin saya manfaatkan untuk menginstall BlankOn 5 (Nanggar) di netbook Axioo Pico saya. Karena netbook ini tidak dilengkapi drive optik, saya harus membuat LiveUSB Blankon dulu dengan UNetbootin. Flashdrive yang saya gunakan berkapasitas 1GB, cukup lega untuk dimuatkan berkas installer BlankOn.

Proses instalasi dengan LiveUSB berlangsung cepat, tak sampai 15 menit. Juga mudah, setelah adanya mouse dengan konektor USB. Kalau yang seperti kemarin, masih menggunakan navigasi dengan keyboard, ndak bakal selesai-selesai (kecuali kalau saya pasrah dengan tipe partisi ext2).

Pico running BlankOn 5 Nanggar

Beberapa hal yang perlu saya catat tentang BlankOn di netbook ini:

  • BlankOn mengenali monitor netbook yang sempit ini dan langsung mengeset resolusi ke ukuran yang sesuai, yaitu 1024*600.
  • Tombol Fn juga dikenali, dan kombinasi Fn+F1 hingga Fn+F12 berfungsi seperti yang diharapkan
  • Touchpad masih belum berfungsi
  • Tampilan webcam masih terbalik
  • Mode suspend bermasalah, saat ingin login kembali keyboard tidak bisa digunakan untuk menginput password. Sedangkan mode hibernate berjalan normal.
  • Waktu penggunaan baterai naik dari maksimal 2 jam 15 menit di Windows XP menjadi 2 jam 30 menit di BlankOn
  • CompizFusion tentu saja berfungsi dengan baik.
  • Card reader juga berfungsi dengan baik.
  • Port ethernet dan wireless terdeteksi.
  • Seperti halnya di Windows XP, dengan BlankOn pun netbook ini cepat sekali panas.

Untuk pembanding, sebelumnya saya pernah menginstall BlankOn 5 di notebook Compaq dan Acer. Pada kedua notebook tersebut, semua perangkat berjalan normal.

Saya belum tahu apakah akan terus memakai BlankOn Nanggar ini hingga BlankOn Ombilin dirilis. Titipan download iso Ubuntu 10.10 di warnet mestinya sudah selesai, dan saya agak tertarik juga untuk mencoba versi LTS ini di netbook. Mungkin bisa cocok seperti halnya saya cocok dengan Ubuntu 8.04 di PC saya.

One thought on “Netbook Saga(2)

Tinggalkan Balasan

