Netbook Saga(1)

Hari Minggu kemarin saya menerima kiriman paket netbook Axioo DJH615 yang sebelumnya saya pesan dari Difaa Shop di Tokopedia. Fitur standar seperti layaknya netbook; Atom, RAM 1GB, webcam, tanpa drive optik, dll. Yang cukup mengagetkan saya adalah CD driver yang disertakan juga merangkap sebagai CD instalasi Linux, distro Klixs. Wah, saya memang rencananya mau menginstall Linux di netbook ini, tapi BlankOn atau Ubuntu. Tak apalah, kejutan menyenangkan ini tentu tetap saya terima dengan senang hati😀

Pertama saya mencoba Puppy 4.2 LiveUSB yang biasa saya gunakan untuk saat-saat darurat, sekedar untuk tes. Ternyata hasilnya mengecewakan, saya hanya bisa masuk modus teks. XOrg tak bisa digunakan, sedangkan Xvesa menghasilkan tampilan berantakan. Pernah menggunakan resolusi 640×480 di monitor 1024×768? It’s worse than that.

Percobaan berikutnya menggunakan BlankOn 5.0 dan Ubuntu 9.04, yang dibuat menjadi LiveUSB menggunakan Unetbootin. Keduanya bisa diboot ke mode grafis, syukurlah. Sayangnya touchpad belum berfungsi, sehingga saya harus menggunakan keyboard untuk navigasi desktop. Ini agak menyulitkan ketika saya hendak memartisi harddisk menggunakan GParted. Saya tidak bisa memilih tipe partisi yang akan digunakan, kecuali ext2 yang memang dipilih secara default. Memang harus beli mouse USB dulu, sepertinya. Akhirnya proses pemartisian dan instalasi OS terpaksa saya tunda sementara.

Sementara ini saya mengggunakan Windows XP di netbook ini. Entah Windows XP ini diinstallkan oleh penjual atau memang dibundel oleh Axioo, saya tidak tahu. Padahal saya secara spesifik memesan yang kosongan lho. Apa boleh buat, terpaksa saya installkan dulu macam-macam software sebelum netbook ini benar-benar bisa dipakai; OpenOffice3, Notepad++, Netbeans 6.8, Picasa 3, WinAmp 5.5, MPC, Firefox 3.6. Duh, mesti install apa lagi ya?

One thought on “Netbook Saga(1)

Tinggalkan Balasan

