Men”cerah”kan warna pada foto menggunakan GIMP

Saya tak terlalu mengerti dengan trik-trik fotografi. Pokoknya jepret saja, sudah. Perkara hasilnya bagus atau tidak, itu urusan belakangan (tentu saja hasilnya lebih banyak yang kurang memuaskan😉 ). Untungnya kita hidup di era digital. Kalau foto dirasa kurang bagus, tinggal dipermak saja dengan program pengolah gambar (Photoshop, GIMP, ACDSee atau ……Paint?:mrgreen: ). Tak perlu bayar mahal ke studio foto, cukup dikerjakan dengan komputer di rumah.

Salah satu masalah yang sering saya hadapi dengan hasil jepretan saya adahal foto-foto tersebut saya rasa terlalu pucat. Walaupun sudah utak-atik settingan kamera kok ya warna di foto (biasanya) selalu terlihat tidak natural. Misal, foto di bawah ini, yang diambil di sekitaran pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang.

Sebelum dikoreksi dengan AutoLevel

Sebelum dikoreksi dengan AutoLevel

Saya biasanya menggunakan tool AutoLevel di GIMP (software pengolah gambar open source, dan gratis!) untuk mengoreksi warna. Caranya, pada toolbar jendela utama GIMP, pilih Color->Level->Auto. Nah, foto di atas setelah dikoreksi dengan AutoLevel menjadi begini.

Setelah dikoreksi dengan AutoLevel

Setelah dikoreksi dengan AutoLevel

Voila, sudah agak mendingan kan? Perbedaanya mungkin tak kentara, tapi IMO, foto kedua terasa lebih “hidup” dan “real” daripada foto pertama.

Ah ya, hampir lupa menceritakan ini. Pernah satu kali tool AutoLevel menunjukkan hasil tak terduga. Foto berikut diambil hanya beberapa detik sebelum foto di atas.

Langit biru pucat

Langit biru pucat

Warna langitnya pucat, kan? Jadi, saya koreksi dengan AutoLevel. Dan hasilnya seperti ini.

Langit biru keunguan, awan sepia

Langit biru keunguan, awan sepia

Hasilnya malah terlihat surreal begitu hahaha. Tapi tidak apa-apa kok. baru sekali ini hasilnya aneh begitu, apalagi terlihat lumayan nyeni (setidaknya menurut saya😀 ). Lagipula, untuk men”cerah”kan foto tersebut, masih ada jalan lain, yaitu dengan Color->Curve.

2 thoughts on “Men”cerah”kan warna pada foto menggunakan GIMP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s