Listrik : kebutuhan primer ?

Sabtu kemarin, kota Pangkalpinang mengalami pemadaman menyeluruh mulai dari sekitar jam 9 pagi hingga kira-kira jam 4 sore. Rumah kami malah mengalami pemadaman hingga jam 11 pagi hari Minggu ini, karena ternyata ada kabel yang terbakar di kotak sekring dan harus diperbaiki dulu. Karena itu saya tidak bisa mengikuti perkembangan berita bom Kuningan; ndak mungkin kan saya meninggalkan rumah dalam keadaan gelap-gulita hanya untuk menumpang nonton TV tetangga sebelah?

Rasa simpati saya untuk para korban bom.

Kembali ke soal listrik. Selama pemadaman itu saya bingung mau ngapain. Ternyata sudah sedemikian rupa masyarakat bergantung pada listrik. Akitifitas masyarakat nyaris lumpuh tanpa adanya listrik. Arus informasi juga macet, karena yang bisa diandalkan tinggal koran. TV dan internet tak dapat dinikmati masyarakat, sedangkan siaran radio hanya bisa didengar selama baterai radio masih menyimpan tegangan (itupun kalau stasiun radionya punya genset sehingga masih bisa beroperasi). Pengguna HP harus berhemat-hemat dengan baterainya jika tidak ingin terputus dari dunia luar. Bensin dan solar harus dibeli dari kios (dengan harga berlipat kalau persediaan menipis), karena pompa BBM di SPBU tak bisa dijalankan kalau listrik padam.

Dulu sewaktu masih SD, guru saya mengajarkan kalau kebutuhan primer manusia itu ada 3 : pangan (makanan), sandang (pakaian), papan (rumah). Apakah sekarang sudah jadi lima, dengan tambahan stroom dan BBM?

2 thoughts on “Listrik : kebutuhan primer ?

  1. Hem… betul kang…. Sudah bukan kebutuhan tersier lagi… tetapi sudah merupakan kebutuhan Primer…. gak kebayang kalo saya harus kembali ke jaman SD dulu ketika belum ada sambungan listrik…. (belajar pake lampu tempel/templok) dan lagi bagaimana saya bisa ngetest distro Linux ya? he…he…
    btw, kenapa blog kang willy tadak masuk virtualisasi.com?

    kangtatang

    • lagi bagaimana saya bisa ngetest distro Linux ya?

      Pakai gensetđŸ˜€

      Eh serius, di Bangka genset itu laku keras lho. Soalnya tidak ada kuota sambungan baru dari PLN

      btw, kenapa blog kang willy tadak masuk virtualisasi.com?

      Blog isinya gado-gado bin ecek-ecek begini kok. Saya jadi penikmat sajalah

Tinggalkan Balasan

