Quo Vadis MySQL?

Akuisisi Sun oleh Oracle menimbulkan pertanyaan, bagaimana nasib pengembangan MySQL. Apakah MySQL akan berubah kiblat dari open source menjadi propietary?

Menurut saya, ini kekhawatiran yang tidak perlu. MySQL sekarang ini dilisensikan di bawah beberapa lisensi, salah satunya GNU General Public License version 2. Ini artinya kode sumber MySQL di masa mendatang akan tetap terbuka dan  MySQL-nya sendiri akan tetap bebas biaya lisensi (ini yang paling penting!:mrgreen: ). Berdasarkan GPL-2, seluruh modifikasi dari MySQL haruslah dilisensikan dibawah GPL juga.

Tapi saya agak ragu juga. Kan sekarang ini Oracle yang memegang copyright MySQL. Masa sih si pemegang copyright sendiri tidak bisa mengganti lisensi programnya?

Okelah, kita andaikan Oracle bisa menerapkan lisensi baru, menutup kode sumber MySQL dan menarik license fee pada rilis MySQL berikutnya. No problem. Lisensi baru itu tidak bisa berlaku surut. Komunitas pengembang MySQL tetap bisa mengakses kode sumber MySQL versi terdahulu, lalu memodifikasinya menjadi aplikasi dengan label baru, atau malah mengembangkannya menjadi aplikasi yang sama sekali baru? Yang tidak boleh hanya menggunakan nama “MySQL”, karena itu adalah trademark.

Sebagai analogi, kita lihat Firefox dan Iceweasel. Komunitas Debian membuat “Firefox dengan racikan berbeda”, yang konon katanya lebih baik daripada Firefox. Tapi karena nama “Firefox” adalah trademark, maka aplikasi baru itu diberi nama baru “Iceweasel”. Mungkin begitu juga nasib MySQL nanti; pengembang MySQL melakukan modifikasi pada MySQL, menghasilkan aplikasi dengan label “YourSQL” atau “NotMineSQL”😀 .

Tentu saja akan lebih baik lagi (bagi  komunitas pengembang dan pengguna MySQL) kalau Oracle berkomitmen tetap meng-GPL-kan MySQL

*Analisa dari pengguna MySQL level amat-sangat-ecek-ecek-sekali😀 *
*Mohon dikoreksi kalau ada yang salah*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s