Long march to STQ

Mesjid di kampung kami kebetulan mendapat kehormatan sebagai penyelenggara Seleksi Tilawatil Qur’an tahun 2009 untuk tingkat kotamadya Pangkalpinang. STQ tersebut diadakan pada tanggal 28 Maret – 31 Maret 2009 yang lalu. Tapi bukan STQ itu sendiri yang hendak saya tulis pada postingan kali ini, melainkan prosesi pembukaannya.

STQ dimulai dengan pawai penggembira STQ dari Lapangan Merdeka di pusat kota, berjalan kaki ke masjid kampung kami. Saya bilang “penggembira” karena sudah pasti tidak mungkin ratusan siswa SD, SMP, SMA dan ibu-ibu pengajian semuanya adalah peserta STQ. Agak kasihan juga dengan bocah-bocah SD dan SMP itu, harus berjalan kaki >10 km di siang terik, agar bisa memeriahkan STQ (sesuai surat himbauan?). Kalau ibu-ibu pengajian dan abegeh-abegeh SMA sih, peduli amat kalau mereka mau berjemur ria.

Baris sampai mateng

Baris sampai mateng

Barisannya panjaaaang buanget

Barisannya panjaaaang buanget

Grup pertama peserta pawai (yang sempat memacetkan jalan protokol Jalan Jend Sudirman itu) tiba di masjid kampung kami kira-kira pukul 3 sore. Dan sejak saat itu lingkungan masjid berubah bak pasar malam. Heboh sekali. Bayangkan saja ratusan peserta pawai, PKL, petugas keamanan, dan warga sekitar tumplek blek di pekarangan masjid dan jalan yang sempit.

Nah, disini mulai lucunya. Acara pembukaan STQ sebenarnya baru dimulai ba’da Isya, dihadiri oleh sebagian besar penggede kota Pangkalpinang (Sekda, Kapolres, MUI, dll. Hanya walikota yang tidak hadir). Peserta pawainya? Kecuali rombongan pengajian, sebagian besar sudah pulang sebelum Maghrib. Jadi buat apa dong mereka berpanas-panas berjalan berkilo-kilo ke pinggiran kota sini?

Kemeriahan STQ hanya di pembukaan saja. STQ-nya sendiri sepi pengunjung dan kembali ramai lagi di saat acara penutupan.

Gambaran nyata betapa acara seremonial dan aturan protokoler lebih menarik daripada esensi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s