Akses setiap saat partisi FAT dari Ubuntu

Pengguna Windows biasanya menggunakan setidaknya dua partisi harddisk di komputer mereka; partisi NTFS berisi OS Windows, dan partisi FAT tempat menyimpan data. Hanya pengguna pemula-yang-benar-benar-pemula yang dengan begitu bodohnya menyimpan data di My Documents.

Misalkan dual booting dengan Ubuntu, dua tipe partisi tersebut tetap dapat diakses. Tinggal pilih di Places -> Nama-Partisi, partisi tersebut akan di-mount di /media/nama-partisi. Tapi ini bisa jadi menjengkelkan. Misalnya waktu menjalankan Rhythmbox, lagu yang ditunggu tak kunjung mengalun, gara-gara partisi MUSIK tempat file lagu tersebut disimpan lupa di-mount.

Ada cara agar partisi data tersebut di-mount otomatis setiap kali Ubuntu dijalankan. Pertama pastikan dulu partisi data tersebut sudah di-mount. Klik Places ->Nama-Partisi. Sebagai contoh, di komputer kami ada dua partisi FAT dengan nama DATA dan MULTIMEDIA. Saya ingin agar partisi MULTIMEDIA di-mount otomatis pada saat Ubuntu dijalankan.

Sekarang pilih System -> Administration -> System Monitor. Klik File System.

Pada contoh ini, partisi MULTIMEDIA dikenali sebagai /dev/sdb5. Sekarang buka terminal, dan buat direktori tempat mounting partisi tersebut dengan sembarang nama pada direktori /media. Contoh, $ sudo mkdir /media/musik

Sunting berkas /etc/fstab dengan sembarang text editor (saya pribadi lebih suka menggunakan nano untuk menyunting berkas sistem). Tambahkan baris berikut di baris paling bawah.

/dev/sdb5 /media/musik vfat rw,nosuid,nodev,uhelper=hal,shortname=mixed,uid=1000,utf8,umask=077,flush 0 0

Baris tersebut berarti memerintahkan Ubuntu untuk me-mount partisi /dev/sdb5 pada direktori /media/musik, tipe partisi adalah FAT, dengan hak baca (read) & tulis (write), tanpa user identifier (nosuid), encoding menggunakan UTF8. Sisanya saya tidak begitu mengerti🙂 (Halaman manualnya, man mount, penuh dengan bahasa dewa😦 ).

Reboot, beres. Sekarang partisi tersebut akan selalu di-mount setiap kali Ubuntu dijalankan.

Tulisan ini terinspirasi sebuah postingan di blog-nya mas Okto Silaban. Terimakasih atas trik-nya, mas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s