VLC for my desktop

Yang menyebalkan dari Totem Movie Player adalah, kadang-kadang bermasalah dengan berkas .flv. Gambarannya kira-kira begini : Misalkan saya hendak memutar sebuah video FLV dengan durasi 4 menit. Tapi yang terjadi adalah Totem mengira durasi video tersebut hanya 10-15 detik. Jika saya memutar video tersebut, slider progress bar Totem selesai dalam 10-15 detik tersebut, walaupun kenyataannya video masih terus berjalan. Bagaimana kalau misalnya saya hanya ingin menonton menit ke 12 sampai menit ke 15 dari sebuah video berdurasi 23 menit? Karena slidernya tidak bisa digeser lagi, pilihannya adalah terpaksa saya harus sabar menunggu, atau menjalankan Media Player Classic pada mesin virtual Windows XP (sayangnya minimnya RAM yang tersedia membuat MPC berjalan terseok-seok).

Di lain waktu, Totem mengukur durasi video FLV dengan benar. Tapi jika saya menggeser slider progress bar ke menit yang saya tuju, Totem langsung diam membeku. Jurus killall terpaksa dikeluarkan.

Sedangkan terhadap video dalam bentuk berkas DAT, Totem sama sekali tidak mau menjalankannya. Sebenarnya ini mungkin cuma masalah codec. Masalahnya, walaupun sudah menginstall paket yang diisyaratkan, codecnya masih belum ketemu juga. Jangan-jangan letaknya di paket dependensi yang lain? Yah, pokoknya saya sudah malas kalau harus cari-cari lagi (Please keep in mind that my Ubuntu box isn’t connected to the internet).

Lalu saya mendengar tentang VLC Player, yang diklaim mampu memutar video dalam bentuk berkas apapun, tanpa perlu tambahan codec lagi. Setelah saya coba download rupanya memang benar tidak perlu tambahan codec, cuma dependensinya yang agak banyak hehehehehe. Tidak masalah, toh paket-paket dependensi tersebut berukuran kecil, rata-rata dibawah 100 KB. Sisanya berukuran 100-an KB, dan ada dua paket sebesar 1 MB & 4 MB. Total 7,5 MB, entenglah😉 .

Berikut adalah paket-paket tersebut, yang diambil dari repositori Ubuntu. Mungkin ada paket yang terlewat, karena sudah diinstall sebelumnya saat menginstall software lain.

  • libdvbpsi4
  • libdvdnav4
  • libebml0
  • libfreebob0
  • libiso9660-5
  • libjack0
  • libmatroska0
  • libmodplug0c2
  • libmpcdec3
  • libsdl-image1.2
  • libtar
  • libvcdinfo0
  • libvlc0
  • libxosd2
  • mozilla-plugin-vlc
  • vlc
  • vlc-nox
  • vlc-plugin-esd
  • vlc-plugin-pulse

Tinggal buka terminal, masuk ke direktori tempat menyimpan paket-paket tersebut dan menginstallnya sekaligus.

$ cd ./paket_vlc
$ sudo dpkg -i *.deb

Sementara ini, tak ada yang bisa saya keluhkan dari VLC😉

Oh ada. Kalau mengambil screenshot VLC yang sedang memutar video, yang muncul di window VLC pada screenshot tersebut adalah layar biru. Ndak bisa dipamerin disini deh. Tak apalah, yang penting bisa memutar video dengan format apapun😉 .

Tinggalkan Balasan

