Localhost problem (solved)

Sudah berminggu-minggu saya mencoba menginstall secara manual dan mengkonfigurasi Apache2 agar bisa menampilkan http:/localhost. Gagal melulu. Akhirnya saya menyerah dan mencoba menggunakan XAMPP. Masih gagal juga, walaupun pesan di terminal menunjukkan bahwa Apache2 telah dijalankan.

Saya lalu mencoba menginstall Apache 2, lalu XAMPP di mesin virtual Xubuntu. Firefox dapat menampilkan http://localhost, baik dari hasil install Apache2 maupun XAMPP. Tapi kok di Ubuntu tidak bisa? Padahal konfigurasinya sama-sama default. Kembali ke desktop Ubuntu, saya lalu menghabiskan dini hari hingga menjelang azan subuh mengutak-atik XAMPP, dari menambahkan entri baru di berkas *.conf, membuat grup baru untuk apache, sampai mengubah status ownership dan permission dari direktori DocumentRoot. Hasilnya nol besar.

Kekeraskepalaan saya hampir mencapai titik batasnya ketika tak sengaja mata saya tertumbuk pada pesan error yang ditampilkan Firefox.

Firefox is currently in offline mode and can’t browse the Web.


???

Gara-gara satu tanda centang ini ....

Gara-gara satu tanda centang ini ....

Saya lalu menghilangkan tanda centang pada opsi Work Offline dan mencoba memanggil kembali http://localhost. Oalah, akhirnya sukses juga.

XAMPP reporting for duty, sir!

XAMPP reporting for duty, sir!

Biang keroknya ternyata memang satu tanda centang itu saja. Ndak habis pikir, berminggu-minggu Firefox “meneriakkan” pesan error yang sama, tetapi saya mengabaikannya mentah-mentah. Kalau tahu begini saya tidak perlu repot-repot menyedot XAMPP.

Nah, sekarang setelah masalahnya beres, pertanyaan berikutnya adalah : mau apa dengan XAMPP ini?

Tinggalkan Balasan

