Offline & Online

Secara umum, ThunderbirdPortable sangatlah memuaskan. Versi portabel dari Mozilla Thunderbird ini membantu saya memanajemen e-mail dan feeder RSS dengan efisen dan ekonomis. Masuk warnet, colokkan flashdisk, jalankan ThunderbirdPortable, sedot e-mail dan feeder yang baru masuk, lalu tutup Thunderbird. Tinggal balik ke rumah, lalu baca e-mail masuk dan postingan baru dari blog yang saya ikuti dengan santai.

Sayangnya, masih ada sedikit masalah. Beberapa blog yang saya ikuti hanya bisa ditampilkan oleh ThunderbirdPortable jika tersedia koneksi internet. Misalnya blognya pak Budi Rahardjo, blognya pak Romi Satria Wahono atau blognya pak dokter hewan yang nyasar jadi tukang gambar. Bahkan blog saya ini juga. Saya terpaksa membuat akun Feedburner agar ThunderbirdPortable bisa menyedot postingan–postingan di blog ini (*pemuasan ego nih, ceritanya*).

Tadinya saya pikir ini karena blog-blog tersebut berbasis WordPress atau di-hosting di WordPress.com. Tapi sepertinya tidak juga. Buktinya blognya pak Bair, blognya pak Eko, atau blognya “balerina sinting yang kadang-kadang jadi otaku, kadang-kadang jadi blogger, selebihnya jadi makhluk ndak jelas” bisa saya baca secara offline, walaupun mereka menggunakan feed bawaan WordPress.com. Lalu apa dong masalahnya? RSS 1.0/2.0 (*walau ndak ngerti tapi tetap sok tahu*)? Atau karena sudah nasib?

Ah sudahlah, nikmati saja apa yang ada. Sementara ini untuk memudahkan pengaturan, akun RSS pada ThunderbirdPortable harus saya bagi menjadi dua folder, yaitu Offline dan Online. Seksi Offline berisi blog-blog yang bisa dibaca dengan santai di rumah, sambil leyeh-leyehan. Sedangkan seksi Online berisi blog-blog yang terpaksa saya baca di warnet, on the spot, secepat mungkin agar billing tidak melampaui kapasitas dompet.

Memang susah kalau sudah kecanduan informasi.

Tinggalkan Balasan

