Senyum manis, meringis dan bekingan

Kalau melihat deretan baliho caleg di sepanjang jalan, saya jadi merasa jengkel sekaligus lucu. Jengkel karena poster-poster itu merusak pemandangan, bikin sakit mata. Lucu karena rupanya para caleg ini sebagian besar menderita “sindrom narsis”, “sindrom narsis wannabe” dan atau “krisis pede”.

Caleg penderita “sindrom narsis” mudah dikenali. Poster, spanduk atau baliho mereka didominasi wajah mereka sendiri dengan senyum manis semanis-manisnya (atau palsu-sepalsunya). Sulit membedakan mana senyum tulus dan senyum palsu. Sedikit ruang tersisa digunakan untuk menulis nama, nomor urut partai dan caleg, dan ucapan mohon do’a restu. WTF ? Macam undangan pernikahan saja. Yang calon pemilih perlu tahu itu adalah program kerja yang Anda tawarkan. Mana mau kami saya beli kucing dalam karung?

Caleg penderita “sindrom narsis wannabe” (alias narsis enggak menjadi) lebih lucu lagi. Mereka ini yang niatnya ingin menunjukkan senyum manis, apa daya yang tertangkap kamera adalah wajah-wajah meringis. Terhadap mereka ini saya agak merasa sedikit kasihan. Nggak bakalan tega saya memajang poster mereka di blog ini (yeah rite..)

Yang paling lucu tentu saja para caleg penderita “krisis pede”. Mereka ini sadar bahwa tidak mungkin mengandalkan pesona diri sendiri untuk menjaring suara. Karena itu mereka mengandalkan “nama besar” orang lain dengan status lebih tinggi untuk membekingi mereka. Misalnya presiden, mantan/ calon presiden, ketua umum partai, gubernur, walikota, bupati, camat, lurah, atau caleg di atas mereka. Menurut saya sebenarnya ini menyedihkan. Ini menunjukkan kalau mereka sebenarnya tidak punya apa-apa untuk ditawarkan kepada calon pemilih, modalnya cuma bekingan saja. Logikanya : yang mau saya pilih itu mereka, bukan bekingannya, berarti mereka tidak punya niat untuk dipilih, ya sudah, saya cari caleg lain saja.

Over and out.

Tinggalkan Balasan

