Pemilu 2009 : Sana sini sama saja

Ke”norak”an caleg rupanya merata di seluruh Indonesia. Sebuah thread di Kafegaul yang didedikasikan untuk mengumpulkan spanduk, poster, dan baliho caleg-caleg tak tahu malu dari seluruh penjuru Indonesia adalah sumber tawa saya minggu ini. Saya sendiri menyumbangkan dua foto di thread tersebut, salah satunya ditautkan dari blog mas Vavai.

Saya tidak habis pikir, bagaimana bisa poster-poster tersebut bisa lolos tampil di depan publik. Apa para caleg sedemikian gobloknya, sehingga memasang poster yang sudah pasti mencerminkan rendahnya kadar intelektualitas mereka? Ataukah karena para caleg mengansumsikan calon pemilih tidak lebih cerdas daripada mereka? Ataukah ada hubungannya dengan tingkat pendidikan (seingat saya, caleg itu minimalnya cuma pegang ijazah SMA) ? Atau….ah sudahlah. Yang jelas, caleg model mereka tidak akan masuk daftar “caleg yang mungkin akan saya pilih”

Cerita dari balik layar pembuatan spanduk/baliho/poster tersebut tidak kalah konyolnya. Berikut kesaksian dari salah satu user KG

Sedikit info dari belakang layar, sebenarnya percetakan2 itu sendiri setengah mati nahan ketawa waktu nyetak. Bahkan ada beberapa desain (yg sudah dimusnahkan) yg JAUH lebih norak drpd yg dipajang. Ga tau deh seberapa dahsyat “kreativitas” para sekretaris partainya…

Temen gw malah lebih kasian lagi nasibnya, diminta buat desain baliho Caleg. Tu caleg duduk disamping dia ga berhenti2 nyerocos minta macem2. Mending kalo cuma masalah warna atau font. Ini malah minta supaya MUKANYA DIRETOUCH!!!! Mukanya minta dibikin sedikit kurus, garis hitam di bawah mata minta diilangin, warna kulit diputihkan, minta dibuat efek sorotan cahaya dari arah belakang (what the??? pengen kayak dewa emang?? ) etc etc.

Yang lebih gila lagi, si Caleg itu menyarankan “ngga pake Paint aja bang? Kan lebih ringan programnya?” JRENG!!!!!

Gw sampe membelikan temen gw itu seporsi jeruk anget ekstra sbg tanda simpati….
—  CoolFace

Tinggalkan Balasan

