Agar bisa triple-boot lagi

Kesal dengan GRUB openSUSE yang terus-terusan hilang, akhirnya saya memutuskan untuk recover GRUB-nya Ubuntu. Kali ini, live CD Ubuntu 8.04 yang jadi andalan. Lalu saya melakukan langkah-langkah seperti yang dicontohkan pada panduan di dokumentasi komunitas Ubuntu.

Ada sedikit perbedaan antara yang saya lakukan dengan yang ada di panduan tersebut. Perintah find /boot/grub/stage1 menghasilkan dua keluaran yaitu hd(0,2) dan hd(0,6). GRUB Ubuntu di komputer kami ada pada partisi / Ubuntu yaitu /sda3, berarti yang harus saya pilih adalah hd(0,2). Langkah selanjutnya sama seperti panduan tersebut.

Setelah GRUB terinstall di MBR (tak sampai satu menit), saya lalu me-restart komputer. Senang sekali melihat menu GRUB Ubuntu yang item-putih jelek itu menyambut saya (biar jelek tapi handal). Opsi booting ke openSUSE tentu saja belum ada, dan untuk menambahkannya saya harus menyunting satu berkas dahulu.

Setelah login ke Ubuntu, saya menjalankan shortcut Run Application (Alt + F2) dan mengetikkan perintah berikut

gksudo gedit /boot/grub/menu.lst

Setelah memasukkan password, akan terbuka jendela gedit dengan berkas menu.lst di tab pertama. Berikutnya saya membuka berkas /boot/grub/menu.lst pada partisi openSUSE di tab baru. Setelah itu, saya cukup meng-copy-paste konfigurasi booting openSUSE ke akhir berkas menu.lst Ubuntu (setelah entri WindowsXP). Berkas di tab pertama disimpan, lalu jendela gedit ditutup.

Selesai. Sekarang saya bisa booting ke openSUSE 11.1 lagi.

One thought on “Agar bisa triple-boot lagi

  1. nah, saya catat instruksinya.
    Kadang kalo lagi coba multi distro, grub atau lilo lama suka ilangšŸ™‚
    Salam Om, lama gak walking ke sini .

Tinggalkan Balasan

