Tragedi jpgexe

28 Januari 2008, 17.30 WIB

Waktu itu saya baru saja selesai browsing di warnet. Mendownload konten RSS, blogwalking, cek e-mail & Facebook, kongkow-kongkow di forum, rutin biasa. Sekembalinya di rumah, saya sebenarnya ingin langsung membaca konten RSS yang disedot dengan Mozilla Thunderbird (Portable Edition). Tapi sejak terakhir kali flashdrive saya “hancur” dilibas virus, saya jadi benar-benar paranoid dengan ancaman virus/spyware/trojan/dll. Karena itu saya selalu mengingatkan diri untuk mencek dulu flashdrive yang saya gunakan lewat Ubuntu.

Untunglah saya mencek dulu flashdrive tersebut.

OH MY GOD.

Seluruh berkas .jpg (gambar) yang ada di flashdrive tersebut telah berubah menjadi berkas .exe. Rasanya ingin menangis😦. Anehnya berkas MS Office, baik 2003 maupun 2007, tidak ikut terinfeksi. Padahal saya tadinya sudah pasrah saja. Berkas dalam format OpenDocument juga aman-aman saja. Demikian juga dengan berkas .png dan .gif. Tampaknya virus ini cuma menulari berkas .jpg saja.

Saya terpaksa menghapus seluruh berkas dengan ekstensi .exe, termasuk beberapa installer dan Thunderbird. Saya tidak ingin mengambil resiko menulari sistem Windows XP, sekalipun ada kemungkinan PCMAV bisa menyelamatkan berkas-berkas (yang tadinya .jpg) tersebut. Apalagi sekarang sedang hangat-hangatnya berita tentang virus Conficker yang menulari banyak komputer.

Ahh, seandainya saja di sini ada warnux (warnet Linux)….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s