Mainan baru : openSUSE 11.1 (part III)

Bagian terakhir dari tiga tulisan

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan openSUSE 11.1 . Ada beberapa hal yang tidak cocok dengan selera saya.

  1. Satu panel saya rasa terlalu sempit. Solusinya tentu saja menambah satu panel lagi di bagian atas.
  2. Navigasi panel Menu kelewat ribet. Ini bisa diatasi dengan menghapus Menu lalu menambahkan Custom Menu ke panel. Jadi makin mirip Ubuntu ya? Tidak masalah, yang penting memudahkan saya. Tapi tiada maaf bagi YaST. Walaupun menurut sebagian orang YaST memudahkan pengaturan sistem, saya justru pusing sendiri melihat begitu banyak item di YaST. Andai navigasinya bisa dipermudah ….
  3. Ini yang membuat saya sempat sport jantung. GRUB sempat hilang. Alhasil, komputer langsung booting ke WindowsXP. Kok bisa ya?
    Tidak bisa mengakses openSUSE sih saya tidak ambil pusing, tapi tidak bisa mengakses Ubuntu? Itu bencana besar. Saya terpaksa menginstall ulang openSUSE agar bisa menampilkan kembali menu GRUB.
  4. Lagi-lagi masalah printer. OpenSUSE tidak menyertakan driver untuk printer Canon PIXMA iP1000 yang biasa saya gunakan. Ubuntu sebenarnya sama saja, tidak menyertakan driver printer tersebut secara default, tapi setidaknya saya punya drivernya dalam bentuk paket .deb.
  5. Sama seperti Ubuntu (dulu), openSUSE juga tidak bisa di-shutdown dengan benar. Sialnya filesystem openSUSE sedikit berbeda dengan Ubuntu. Berkas /etc/modules tidak ada di openSUSE, sehingga saya tidak bisa menggunakan trik yang saya gunakan pada Ubuntu.
  6. Kalau saya mengaktifkan efek desktop, X window tewas dengan sentosa😦. Di reset pun (Ctrl + Alt + BackSpace) tidak ada pengaruhnya

Tampaknya Ubuntu masih akan tetap mendapat porsi utama dalam penggunaan sehari-hari oleh saya. Sedangkan openSUSE hanya akan menjadi anak bawang, giliran ketiga setelah Ubuntu dan WindowsXP. Yah, setidaknya saya tidak punya niat menghapus partisi openSUSE dalam waktu dekat😉 .

Tinggalkan Balasan

