Rehat sejenak

Akhir-akhir ini saya sering sekali mengupdate dan mengedit tulisan di blog ini. Istilahnya, sedang on fire. Entah sedang kerasukan apa.

Kalau diperhatikan, tema tulisan saya akhir-akhir ini hanya berkisar di komputer dan linux. Sesuatu yang wajar, sebetulnya. Menurut hemat saya, yang namanya blogging itu haruslah tentang sesuatu yang kita pahami, dengan gaya penulisan orisinal kita sendiri. Saya tidak ingin menjadi blogger aliran kopas (copy & paste). Copy artikel dari situs atau blog yang populer, lalu pajang di blog, baik mencantumkan sumber atau berpura-pura diri sendiri yang menulisnya. Saya tidak ingin seperti itu. Tidak ada faedahnya. Pengunjung blog bisa jadi jengkel melihat informasi kadaluarsa yang sama berulang-ulang di berbagai blog. Sedangkan bagi pemilik blog, copas hanya akan menumpulkan kreatifitas. Juga memperbodoh diri sendiri, karena sok tahu atas sesuatu yang sebenarnya tak dimengerti sama sekali.

Sayangnya bagi sebagian blogger Indonesia, menulis itu sulit. Karena itulah blog mereka melulu berisi hasil copas. Mungkin ada hubungannya dengan kultur pendidikan kita. Pendidikan di sekolah terlalu banyak berkutat dengan hapalan. Siswa jarang sekali membuat tulisan. Kalaupun menulis, kebanyakan sebatas menyalin dari buku pelajaran, papan tulis, atau diktean guru. Kreatifitas siswa akhirnya melorot hingga titik nadir. Selain itu saya rasa kebiasaan mencontek juga punya andil tersendiri.

Kenyataannya, menulis itu mudah. Yang penting adalah membiasakan diri menulis. Setelah 10, 20, atau 30 tulisan, ide-ide akan mengalir begitu saja. Tinggal dituangkan dalam bentuk tulisan, itu kalau sedang tidak malas. Ini pengalaman pribadi, banyak sekali ide isi blog ini yang saya pikirkan, tapi karena menunda-nunda menulisnya, akhirnya menguap begitu saja.

Oke, cukup sekian. Sekarang saya harus mencari ide bagaimana cara meminimalkan resiko “dituduh melakukan pembunuhan karakter” kalau hendak menulis tentang kekonyolan para caleg di blog ini.

Over and out.

Tinggalkan Balasan

