Friendster atau Facebook?

Saya sudah mengenal Friendster sejak beberapa tahun yang lalu. Dan gara-gara Friendster-lah saya sebisa mungkin menghindari situs social networking. Saya tidak berminat ikut bergabung di keriuhan “pasar ikan” situs-situs jejaring sosial.

Friendster tampaknya populer di Indonesia karena kemudahan mengkustomisasi halaman profil oleh penggunanya. Sayangnya, fitur ini di-abuse habisan-habisan oleh penggunanya. Halaman penuh dengan font warna-warni berbagai ukuran, animasi GIF kerlap-kerlip, Flash yang memperberat loading, JavaScript iseng yang berefek aneh-aneh pada browser, ini semua sungguh mengesalkan.

Misalnya, ada pengguna Friendster yang memakai font merah jambon untuk tulisan, berselang seling antara huruf kecil dan kapital (sindrom “ABG yang pengen kelihatan cHuTezZZ”), sedangkan backgroundnya berwarna kuning. Tampaknya dia ingin merusak mata para pengunjung halaman profilnya. Ditambah dengan rupa-rupa Flash dan widget, alhasil halaman profilnya memanjang jauuuuuh ke bawah. Capek scrollingnya. Sentuhan pamungkas adalah animated GIF full with bling-bling.

Hare geneeee, masih pake animated GIF?

Lalu mengapa saya akhirnya memutuskan untuk mendaftar di Facebook?

Dibandingkan dengan Friendster, rata-rata tampilan profil di Facebook jauh lebih rapi. Tidak ada (atau jaang ada) animated GIF, font berwarna hitam dengan latar putih (enak dilihat), halamannya juga pendek-pendek sehingga tidak perlu sering-sering menggulung layar. Karena itulah saya akhirnya memutuskan untuk membuat akun di Facebook.

Hare geneeee, gak ikut Facebook?

2 thoughts on “Friendster atau Facebook?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s