Solution for Ubuntu shutdown problem

Today is always the most enjoyable day (meminjamnya tagline-nya Yotsuba&!):mrgreen:.

Saya punya alasan untuk merasa sumringah, karena akhirnya, masalah yang mendera selama berbulan-bulan terselesaikan dengan sempurna.

Sedikit latar belakang : OS Ubuntu yang ter-install di komputer yang saya gunakan tidak bisa di-shutdown dengan benar. Setiap kali hendak mengakhiri sesi Ubuntu, saya harus memilih restart, mem-boot Windows XP, lalu men-shutdown Windows XP. Ribet memang, tapi alternatifnya adalah memencet tombol power. Mungkin lebih gampang, pun karena Ubuntu relatif tahan banting, tidak ada kekhawatiran Ubuntu akan error karena nyawanya dicabut paksa. Tapi karena ini dual boot, saya khawatir mematikan komputer secara paksa mungkin akan mempengaruhi partisi Windows. Bisa digetok saya nanti sama orang rumah kalau ketahuan BSOD muncul gara-gara saya.

Tiga generasi Ubuntu, dari Gutsy, Hardy, hingga Intrepid mengalami rutin yang sama : kalau mau shutdown, harus dari Windows XP. Kalau saya paksakan shutdown dari Ubuntu, yang muncul adalah sederetan pesan error. Ada tulisan network_hal manager, bus 56754, drm_sys, pokoknya yang mirip-mirip itu deh. Sistem sudah berhenti, tapi komputer masih menunjukkan tanda-tanda kehidupan; kipas prosesor masih terus berputar, DVD-drive masih menyala, lampu LED masih terang benderang. Sama sekali tidak mencerminkan perilaku komputer yang telah dipadamkan. Alhasil tombol power akhirnya terpaksa harus dipencet juga. (Dasar komputer bapuk !)

Itu kemarin-kemarin. Hari ini akhirnya Ubuntu bisa di-shutdown sesuai Standard Operating Procedure. Triknya adalah tambahan satu baris perintah pada berkas /etc/modules

  • Buka berkas /etc/modules

sudo nano /etc/modules

  • Tambahkan baris di bawah ini di baris paling akhir

apm power-off=1

  • Simpan kembali berkas ini

Voila, Ubuntu akhirnya bisa beristirahat dengan tenang, untuk di-summon kembali di kesempatan berikutnya (wah, berarti istirahatnya nggak tenang dong).

Terima kasih kepada A’an Sam atas tipsnya. I owe you one😉

One thought on “Solution for Ubuntu shutdown problem

  1. Hem, saya catat dulu tipnya.
    siapa tahu nanti mengalami hal yang sama🙂
    Thanks ya Om udah sering mampir ke Blog saya🙂
    regards

Tinggalkan Balasan

