Why Ubuntu ?

Alasan saya menggunakan Ubuntu

1. Bebas dari gangguan virus, trojan, spyware, backdoor. Sayang masih belum terbebas dari Blue Screen Of Death yang menyebalkan itu. Masih dual boot sih.

2. Bebas dari kerewelan install aplikasi ini-itu, atau driver ini-itu. Aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari sudah terbundel dalam Ubuntu. Kalaupun saya perlu menginstall suatu atau beberapa aplikasi, saya tidak perlu me-restart komputer setiap kali proses instalasi aplikasi selesai. It’s on-the-fly, baby.

3. Workspace! Fitur yang biasa ditemukan pada distribusi GNU/Linux ini benar-benar magnificent.

4. Mungkin ini cuma perasaan saya saja, tapi sepertinya ALSA menghasilkan suara yang lebih jernih daripada RealtekAC67. Mendengarkan musik pun menjadi lebih nikmat.

5. Ubuntu menggunakan GNOME desktop environment, yang menurut saya lebih nyaman daripada KDE.

6. Kemudahan instalasi. Seandainya Ubuntu mengalami crash yang benar-benar parah sehingga perlu di-install ulang (dan omong-omong, ini belum pernah saya alami), saya cukup meluangkan waktu 20 menit untuk melakukan instalasi Ubuntu. Mereka yang pernah “mencicipi” bagaimana lelet-nya proses instalasi Windows (XP/Vista) pasti akan menghargai hal ini.

7. Pasti legal, sekalipun cd installer yang digunakan adalah hasil penggandaan ke-57826 kali.

8. Free, as in Freedom and free-of-charge.

9. Dan lain-lain. (Sudah ah, capek mikirnya)

Ubuntu bukannya sama sekali tanpa poin minus. Tapi, itu untuk postingan lain kali saja. Mengetik postingan pendek ini saja sudah bikin mumet. Lagipula, poin minusnya kalah banyak daripada XP, kok.

Bacaan terkait : “Why Linux is better”

6 thoughts on “Why Ubuntu ?

    • Ubuntu menyediakan LTS atau kalau tidak jaminan security hingga batas waktu tertentu

      Sayangnya saya tidak punya koneksi internet di rumah, jadi alasan yang ini tidak berlaku pada saya😉

      Komunitasnya buanyak dan dinamis, selain tetap akrab

      ditto😉

  1. LTS itu kayaknya blm ada di distro lain cmiiw
    manajemen komunitasnya plg teratur spt rilisnya yg teratur🙂
    ubuntu plg banyak dibuat derivatifnya dibanding distro lain, ini tentu bukan krn tanpa alasan..setidaknya bertolak belakang dgn opensuse yg jarang dibuat turunannya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s