Weapon of choice

Sebagai seorang “musafir warnet”, saya “mempersenjatai” flashdrive saya dengan beberapa installer program dan program portabel. Ini perlu, karena warnet tidak selalu menyediakan program yang saya inginkan. Misalnya, web browser yang tersedia di warnet hanya IE. Maaf saja, saya masih cukup waras untuk menghindari IE, kalau bisa. Saya lebih suka Firefox atau Opera.

Atau contoh lain. Antivirus yang ter-install di komputer warnet “cuma” AVG Free. Tidak diupdate pula. Padahal terkoneksi ke internet tanpa antivirus yang memadai adalah tindakan bunuh diri (setidaknya di platform Windows). Apalagi mengingat warnet dipakai oleh banyak user. Bisa saja user tanpa sengaja (atau dengan sengaja?) menginfeksi komputer dengan virus yang tertanam di flashdrive.

Jadi, penting bagi saya untuk selalu siap sedia dengan sederet program dalam genggaman. Berikut adalah program-program yang ada di flashdrive saya

1. Installer FlashGet
Download accelerator. Sangat berguna, mengingat warnet biasanya membatasi bandwith.

2. Foxit Reader
Pembaca PDF. Dapat langsung digunakan tanpa harus di-install

3. Installer FlashPlayer
Berguna seandainya web-browser pada warnet tidak memiliki plug-in pemutar konten Flash

4. Installer KLMedia codec
Jaga-jaga kalau komputer di warnet cuma bisa memutar file .wav atau .wmv

5. Installer Mozilla Firefox 3 dan Opera 9
Dua web browser favorit saya. Tabbed browsing, enhanced security, elegant look, apalagi yang bisa saya minta ?

6. Installer mTorrent
Klien untuk BitTorrent. Konon yang paling handal

7. Installer Abiword
Wordprocessor dengan ukuran relatif ringan (Bayangkan! Ada warnet yang tidak punya MS Office, sekalipun (bajakan) versi lawas!)

8. Mozilla Thunderbird (Portable Edition)
Salah satu aplikasi favorit saya. Yang tertanam di flashdrive saya adalah versi portabelnya (Thunderbird di-install langsung pada flashdrive). Biasa saya gunakan sebagai RSS reader. Plus, integrasinya dengan GMail membuat saya dapat membaca e-mail dengan efisien dan ekonomis : tancapkan flashdrive di komputer warnet, download beberapa menit, log out, pulang ke rumah, tancapkan flashdrive di komputer, lalu tinggal baca e-mail/ konten RSS yang sudah didownload.

9. PCMAV
Antivirus lokal yang cukup handal. Tidak perlu di-install, bisa langsung dijalankan.

10. Installer 7-zip
Tool untuk kompresi file. Sama baiknya dengan WinRAR, pasti jauh lebih baik daripada WinZip.

Hmm, rasanya masih ada yang belum saya tuliskan…

Tinggalkan Balasan

