Display problem

Ubuntu 8.10 (kode nama : Intrepid Ibex) sampai saat ini baru saya nikmati dalam wujud live CD. Instalasi permanen pada harddisk menemui satu hambatan : saya tidak bisa log in.

Sebenarnya instalasi berjalan mulus dan selesai dalam seperempat jam. Tapi sewaktu di-restart, setelah loading bar Ubuntu penuh, monitor hanya menunjukkan layar hitam pekat. Ditunggu-tunggu, tetap tidak ada kemajuan. Akhirnya saya memutuskan untuk menginstall ulang. Kali ini dengan mode “safe graphic”.

Singkat cerita, tampilan GDM yang familiar itu menyambut saya. Setelah login, saya dihadapkan pada tampilan dengan resolusi 800×600. Sama sekali tidak cantik. Tapi namanya juga “safe graphic”. Saya lalu memilih Screen Resolutions untuk mengubah resolusi menjadi 1042×768. Lho, kok pilihan lain yang ada cuma 640×480 ?

Saya coba reboot, lalu memilih recovery mode pada grub. Fix x server, beres, lalu kembali login. Sia-sia, tampilan 800×600 tetap membandel memenuhi monitor.

Pada momen ini, saya benar-benar mati kutu. Karena itu, saya memutuskan untuk menunda instalasi Ubuntu 8.10. Kapan-kapan deh. Untuk saat ini, saya kembali ke Ubuntu 8.04.

(Kenapa bisa lupa mencoba masuk console sewaktu percobaan instalasi yang pertama ya?)

Tinggalkan Balasan

