Bagi-bagi CD Linux = ilegal ?

Tadinya saya ingin menulis tentang kesulitan saya sewaktu mencoba menginstall Intrepid. Tapi satu tulisan pada Tag surfer WordPress menarik perhatian saya.

Cerita konyol, sebenarnya. Seorang guru yang kebetulan melihat seorang muridnya mempertunjukkan kebolehan HeliosLinux, menyita CD HeliosLinux dari sang murid, karena “mungkin saja ilegal”. Belum cukup sampai di sini, si guru lalu menyurati maintainer distro Helios dan mengancam akan menggugat sang maintainer karena

“I cannot either support your efforts or allow them to happen in my classroom. At this point, I am not sure what you are doing is legal. No software is free and spreading that misconception is harmful.”

Masih ada yang lebih konyol. Tampaknya si guru menganggap Microsoft sebagai sekumpulan sinterklas

I am sure if you contacted Microsoft, they would be more than happy to supply you with copies of an older verison of Windows and that way, your computers would actually be of service to those receiving them….

Saya tidak yakin Microsoft bersedia membagi-bagikan lisensi Windows lama secara gratis. Lagipula, memangnya masih ada dukungan hardware & software untuk Windows 95 ? Alih-alih berguna, justru malah bikin mumet.

Baca artikel lengkapnya disini
http://linuxlock.blogspot.com/2008/12/linux-stop-holding-our-kids-back.html

4 thoughts on “Bagi-bagi CD Linux = ilegal ?

    • Wah, saya sendiri juga masih pemula
      Belajar pun otodidak, karena sekitar saya nggak ada yang pake linux

      Tapi kalau ada yang mau ditanyakan, saya akan coba jawab, sejauh yang saya mengerti. Atau kalau mau lebih afdol, anda bisa mengunjungi forum.linux.or.id. Disana ada banyak suhu yang bisa membantu😉

  1. Ha…. Ha ……. Bagus juga ceritanya.

    Salam kenal, ini menunjukan bahwa pola pikir masyarakat awam yang telah teracuni oleh kesalahan persepsi akan pengertian Lisensi Perangkat Lunak. Selama ini mereka hanya tahu tentang lisensi penggunaan Perangkat lunak milik M******ft tanpa pernah sama sekali membaca dan memahami dengan jelas isi lisensi tersebut, ditambah pengetahuan yang kurang tentang Teknologi Informasi. Mudah-mudahan cerita ini tidak akan terjadi di Indonesia.🙂

    Salam

Tinggalkan Balasan

