Amidst the rain of bullets

Panik. Itu yang sekarang saya rasakan. Ada sebuah presentasi yang harus kami lakukan satu bulan lagi. Masih banyak waktu, tapi Mark Twain bilang perlu sedikitnya tiga minggu untuk menyiapkan pidato spontan. Beruntung sekali beliau, tidak pernah harus berurusan dengan PowerPoint.

Sebenarnya slide-slide presentasi sudah 68% selesai. Tinggal poles di sana-sini. Hanya mental saja yang harus saya siapkan. Celakanya, seumur-umur saya belum pernah melakukan presentasi. Buku-buku tentang PowerPoint tidak banyak membantu. Semuanya melulu membahas step-by-step membuat bullets di PowerPoint (oke, mungkin saya agak melebih-lebihkan). Kok tidak ada yang membahas cara mengerem kucuran keringat dingin di tengah-tengah presentasi ? Atau cara meredam suara degup jantung agar tidak terdengar hadirin ?

Yang ingin saya ketahui saat ini adalah dengan cara seperti apa sebuah presentasi seharusnya dilakukan. Harus mengamati teknik presentasi-nya Steve Jobs, nih.

Tinggalkan Balasan

