Cara jitu menguras isi dompet

Iseng-iseng, saya menghitung total biaya lisensi yang mesti saya bayar kalau saya memakai software berbayar original.

Misalnya saja saya hanya membutuhkan OS dan office suite, maka saya harus merogoh kocek dalam-dalam, $ 767 (Windows XP Service Pack 2 + Microsoft Office 2007). Dengan asumsi kurs $ 1=Rp 9750, itu berarti sama dengan Rp 7478250. Jumlah itu akan semakin membengkak kalau saya ingin menginstall pengolah gambar, antivirus, games, multimedia, utiliti, accounting, dan lain-lain. Masih untung codec KLite dan Xvid diedarkan secara cuma-cuma, kalau tidak, hidup bisa kering karena tidak diwarnai alunan musik dari berkas mp3 (bajakan, tentunya).

Viva bajakan !!

berdasarkan daftar harga yang dimuat di PCMedia edisi November 2008

Tinggalkan Balasan

