LinuxMint, evolve

Sama seperti Ubuntu 8.04 yang menjadi basisnya, LinuxMint 5 juga tidak menyediakan driver untuk Canon PIXMA iP 1000 yang biasa saya gunakan. Tidak masalah, saya masih memiliki file driver tersebut yang dulu saya install pada Ubuntu 7.10 dan 8.04. Yang menjadi masalah bagi saya adalah, LinuxMint menggunakan Thunderbird sebagai default mail reader, tidak seperti Ubuntu yang menggunakan Evolution.

Mozilla Thunderbird adalah aplikasi yang hebat, saya tahu itu. Thunderbird memiliki dukungan terhadap GMail, sementara Evolution tidak. Tapi nyaris tidak ada gunanya bagi saya, paling tidak untuk sekarang ini, karena saya tidak memiliki koneksi internet. Fitur kalendarnya tidak seperti yang saya harapkan. Padahal justru fitur itu (dan task management) yang dulu biasa saya gunakan pada Evolution.

Oleh karena itu, Minggu lalu saya menyempatkan diri ke warnet untuk men-download Evolution dan paket-paket dependensinya. Seperti yang saya duga, Evolution memiliki sederet panjang dependensi. Paket-paket itu memang berukuran kecil, tapi tetap saja men-downloadnya satu-persatu adalah pekerjaan yang merepotkan (dan membosankan).

Jadi bisa anda bayangkan betapa jengkelnya saya, saat menginstall paket-paket tersebut ke dalam sistem LinuxMint 5, ternyata hanya 4 paket yang benar-benar saya butuhkan. Paket-paket lainnya sudah disertakan secara default dalam LinuxMint. Nasib orang yang harus menginstall paket secara manual…..

Berikut adalah 4 paket yang diperlukan untuk menginstall Evolution. Paket-paket ini dapat anda temukan di repositori Ubuntu
– evolution
– evolution-common
– evolution-plugins
– libexchange-storage

Tinggalkan Balasan

